Permintaan kopi di negeri gingseng Korea Selatan terus meningkat. Sementara untuk kopi asal Indonesia yang paling digandrungi masyarakat Korea adalah jenis kopi Luwak, permintaan kopi Indonesia ke Korea terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2006 total ekspor kopi ke Korea mencapai US$ 1,3 juta, meningkat menjadi US$ 1,6 juta di tahun 2007, meningkat kembali US$ 1,7 juta pada tahun 2008. Hingga akhir Agustus 2009 ekspor kopi Indonesia ke Korea menembus US$ 2,2 juta.

Sekarang, kopi Luwak sangat populer di Korea. Selain kopi Luwak, jenis kopi-kopi spesialti Indonesia seperti kopi Toraja juga sangat laris manis terjual. Ia mengatakan tingginya minat orang Korea terhadap produk kopi asal Indonesia karena kopi Indonesia memiliki citarasa unik. Semakin tingginya permintaan kopi Indonesia ke Negeri Ginseng tersebut bisa membuat ekspor kopi Indonesia ke Korea hingga akhir tahun tembus US$ 3 juta.

Selain produk kopi yang laris manis, produk Indonesia yang saat ini digandrungi oleh pasar Korea adalah produk tanaman hias daun-daunan. Prospek produk tanaman hias ke Korea sangat luar biasa. Umumnya tanaman hias yang laris adalah jenis tanaman hias daun pedang-pedangan yang biasa digunakan oleh masyarakat Korea sebagai sirkulator udara alami.

Jadi kita harus bangga bahwa produk dari negara kita banyak disenangi oleh warga negara lain.


Sumber : detik.com

Comments (0)