Kita semua memiliki impian, tetapi tidak setiap orang
memiliki kesungguhan untuk mencapai impiannya.

Mereka yang malas dan menggampangkan waktu, yang menunda yang sebetulnya bisa dilakukannya sekarang, yang menunda kebaikan yang bisa didahulukannya, biasanya menjadi orang terakhir yang mengetahui bahwa itu semua adalah yang menunda kesejahteraan dan kebaikan hidupnya. Dia yang menunda kebaikan, sebetulnya hanya menunda kebaikannya sendiri.


Satu-satunya jalan pengembangan karakter pribadi adalah disiplin. Disiplin adalah jalan kebesaran pribadi.

Siapa pun yang ingin mencapai kebesaran pribadinya di masa depan, harus segera mendisiplinkan dirinya. Tidak ada orang yang bisa menjadi pribadi terbaiknya tanpa disiplin. Dan, Tidak ada sifat buruk seperti apa pun yang tidak bisa diperbaiki dengan disiplin.


Disiplin utama dalam kehidupan adalah kesetiaan pada yang benar.

Karakter negeri kita hanya sebaik karakter pribadi kita. Maka marilah kita membangun karakter pribadi kita, dengan berfokus pada yang membesarkan dan setia kepada yang benar. Karena, Pribadi yang berfokus pada yang membesarkan dan setia kepada yang benar, akan mencapai kemuliaan hidup. Dan, Bangsa yang dibentuk dari pribadi-pribadi yang mulia,
akan menjadi bangsa yang mulia.


Kepemimpinan utama dalam kehidupan adalah pengendalian diri.

Disiplin pribadi dimulai dengan penguasaan dari pikiran dan perasaan Anda. Jika Anda tidak menguasai pikiran dan perasaan Anda, Anda tidak akan menjadi penguasa atas tindakan Anda sendiri.


Dasar dari disiplin pribadi adalah rasa hormat kepada diri sendiri.

Jika Anda menghormati diri Anda sendiri, Anda tidak akan mengijinkannya memikirkan, merasakan, dan melakukan yang tidak pantas bagi pribadi se-terhormat Anda. Dengannya, Anda akan tegas mengatakan ‘tidak’ kepada diri sendiri, saat ia cenderung untuk menyimpang dari yang benar. Dan dengannya, Anda tidak akan menawar keputusan dari suara kebenaran dalam diri Anda.


  • Dahulukanlah yang berguna, yang menguntungkan orang lain, lalu perhatikan apa yang terjadi.
  • Marilah kita menjadi pribadi se-baik dan se-benar yang kita tuntutkan kepada para pemimpin kita.


sumber : www.marioteguh.asia

Comments (0)