Produk kerajinan asal Indonesia yang telah diterima di pasaran internasional. Produk kebanggan nasional itu di antaranya kerajinan perak Gianyar, Bali, dan furniture kayu Jati asal Jepara, Jawa Tengah. Kedua produk itu telah memiliki kualitas kelas dunia
Di Bali, kerajinan perak banyak dijumpai di Desa Celuk, Sukawati, dan Ubud, Gianyar. Produk kerajinan perak dari dua daerah ini berkualitas tinggi dan mampu memproduksi dalam jumlah besar. Sedangkan kerajinan kayu Jati Jepara terkenal karena kualitas kayu jatinya.

Produk-produk kerajinan nasional lainnya dapat ditingkatkan kualitasnya agar mampu beradaptasi sekaligus bersaing di pasar internasional. "Itu bisa dilakukan, salah satunya dengan melakukan uji coba di pasar-pasar luar negeri.

Pertemuan OVOP ke-6 ini berlangsung 14-15 November. Selain 210 peserta dalam negeri, pertemuan juga diikuti 176 peserta luar negeri dan 14 negara se-Asia dan Afrika.

Dalam pertemuan juga digelar pameran industri, kerajinan dan produk lainnya yang diikuti sejumlah negara. Usai membuka pertemuan, Wapres Boediono menyempatkan diri meninjau pameran tersebut.


Sumber : okezone.com



Kita bangga produk asli buatan anak negeri yang diterima di pasar Internasional.

Comments (1)

On 26 Desember 2009 pukul 07.15 , MINARet Creativity mengatakan...

sudah waktunya indonesia dikenal di dunia melalui hasil karya-karya seni kriya nya....tinggal bagaimana pemerintah memberi perhatian terhadap sektor ini....