Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menargetkan pertumbuhan ekspor pada 2010 sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya lima persen.

Pencapaian target ekspor untuk 2010 mencapai 10 persen. Hal ini didukung oleh recovery di Asia dan adanya peningkatan ekonomi ke Jepang dan Amerika, Dia menyampaikan kontraksi ekspor pada Juni-Juli minus 21 persen dan kontraksi hingga akhir tahun mencapai minus 15 persen.

Dirinya menilai, kinerja ekspor nonmigas Indonesia makin memperlihatkan perbaikan dari bulan ke bulan, dan optimistis bahwa kinerja tersebut akan terus berlangsung hingga akhir 2009. "Kinerja ekspor nonmigas setiap bulannya menunjukkan suatu kinerja yang terus membaik dari bulan ke bulan dan optimistis akan terus membaik hingga akhir tahun ini," katanya.

Menurutnya, kemampuan mempertahankan ekspor tersebut antara lain didorong oleh terus membaiknya kondisi perekonomian di dalam negeri di samping perekonomian global, sekalipun belum terlalu pulih secara utuh.
Sejumlah negara saat ini menilai Indonesia sebagai suatu negara yang baik, antara lain terciptanya stabilitas di sektor ekonomi makro dan memiliki kejelasan berbagai kebijakan sehingga mampu mendorong sektor riil.
Mengenai perekonomian Amerika Serikat yang selama ini merupakan salah satu tujuan ekspor, kemungkinan besar masih akan lamban dalam satu hingga dua tahun mendatang. "Dalam satu hingga dua tahun mendatang perekonomian AS masih akan melamban," katanya.

Sumber : okezone.com

Comments (0)