Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut lebaran, banyak bisnis yang menjadi sasaran masyarakat, diantaranya pembantu infal, parcel, kue kas
tangel juga masih banyak yang lainnya. Usaha ini biasanya ramai dicari oleh masyarakat, untuk kalangan menengah keatas biasanya memerlukan seorang pembantu rumah tangga ataupun baby sitter sementara/pembantu infal. Pembantu infal banyak dicari karena pembantu/baby sitter yang biasa bekerja/mengurus anak di rumah pulang kampung pada saat lebaran, jadi biasanya masyarakat ini mencari pembantu infal untuk menjadi pembantu sementara. Bayaran pembantu infal tidak seperti pembantu biasanya, menurut sumber yang dikutip dari OkeZone.com, pada umumnya, permintaan PRT infal lebih banyak untuk melakukan kegiatan pembantu rumah tangga dan sedikit untuk baby sitter. Bayaran untuk PRT infal sangat bervariatif dari Rp75-150 ribu per hari. Sedangkan untuk paket bulanan Rp800-Rp 1,5 juta.
Hal senada dikatakan oleh pengurus Yayasan Bakti Indonesia, Yuyun. Ketersediaan PRT infal tahun ini sangat langka. "Tahun kemarin masih ada pembantu infal walaupun jumlahnya juga tidak banyak," katanya.
Dia mengatakan baby sitter infal masih ada dan pendapatan mereka per hari lebih mahal dibandingkan dengan PRT infal. Satu hari mereka menerima Rp60-100 ribu. Kebanyakan para pembantu infal didatangkan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Sementara sebagian Yayasan mematok harga baru pembantu infal. Karena kenaikan harga bahan bakar minyak ternyata berimbas kepada kenaikan gaji harian PRT dan pengasuh bayi cadangan. Gaji Rp100-120 ribu per hari atau naik 20 persen dari tarif sebelumnya, meskipun naik tidak sepi permintaan.
Sumber : okezone.com lifestyle


Bisnis yang selanjutnya banyak diminati masyarakat menenah keatas adalah parsel. Parsel adalah bingkisan yang dikirimkan pada saat hari raya yang bertujuan untuk rasa ucapan terima kasih/rasa hormat terhadap siapapun. Parsel yang biasa kita lihat berisi makanan. Makanan yang ada didalam parsel biasanya berupa makanan kecil, minuman ringan, syrup, permen, dan lain sebagainya. menurut sumber yang didapat dari TokoParcelOnline.com tahun 2008 range harga parcel di tempat ini adalah antara Rp400.000-Rp600.000 dengan ketentuan bebas biaya kirim untuk daerah Jakarta dan untuk daerah luar jakarta seperti Bogor, Bekasi, Tanggerang dikenakan biaya Rp50.000.
Sumber : TokoParcelOnline.com


Bisnis yang selanjutnya diminati adalah kue kastengel, bedanya ini tidak hanya bagi masyarakat menengah keatas saja tapi masyarakat juga bisa menjangkau karena disetiap lebaran biasanya disetiap rumah selalu ada kue kastengel ini. Menurut sumber yang didapat dari www.allenomahcooker.com harga kue kastengel mulai dari Rp35.000 per September 2009. Jika ingin membuat sendiri kue kastengel berikut resep pembuatan kue kastengel yang bersumber dari guangresepku.blogspot

Bahan:
300 gram margarine
200 gram roombutter
6 sdm susu bubuk (full cream)
4 sdm maizena
3 kuning telur
500-600 gram tepung terigu
200 gram keju

Cara pembuatan:
Semua bahan kecuali tepung terigu dan keju dicampur, kemudian dimixer sampai kental.
Siapkan tepung terigu yang telah dicampur dengan keju parut. Tambahkan tepung terigu + keju parut sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi bisa diroll (tidak memakai mixer).
Giling adonan dengan roll sampai rata, aturlah ketebalan adonan sesuai dengan selera. Kemudian adonan dicetak, taruh di loyang.
Poleslah dengan kuning telur memakai kuas dan taburkan beberapa helai keju parut diatas tiap biji kue kering.
Panggang adonan dengan suhu 80-120 derajat celcius selama 15-18 menit. Angkat dari pemanggang.
Tunggu kue dingin. Masukkan kedalam toples.
Sumber : www.allenomahcooker.com
guangresepku.blogspot

Comments (1)

On 1 Desember 2016 05.01 , Produsen Mesin Oven mengatakan...

boleh nih resepnya, makasih blognyaa