Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia akan memberikan tambahan dana untuk alat utama sistem senjata (Alutsista) sebesar Rp5 triliun.Alutsista pasti dapat tambahan Rp5 triliun. Tapi apakah cukup, dihitung-hitung dulu untuk kebutuhan peremajaan dan modernisasi.bila penambahan dana ini juga harus dikaji, mengingat kebutuhan juga lebih besar. Itu juga yang harus kita kaji karena kebutuhan juga lebih besar. Nanti itu apa ada terobosan lain dengan aspek akuntabilitas yang benar.

Sekadar informasi, rencananya pemerintah melalui Departemen Pertahanan akan meningkatkan anggaran pemeliharaan menjadi Rp1 triliun dari Rp600 miliar saat ini. Pada saat ini, anggaran pemeliharaan hanya ada sekitar Rp600 miliar untuk semua satuan di semua angkatan. Untuk itu, coba ditingkatkan menjadi Rp700 miliar seperti di 2008 lalu. Departemen Pertahanan akan mengupayakan penambahan sebatas kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal ini dicoba supaya ada peningkatan anggaran pemeliharaan alutsista dari yang sekarang sekira Rp600 miliar.

Semoga dengan penambahan anggaran untuk pertahanan negara kita dapat memperbaiki sistem pertahanan negara kita, supaya tidak kalah dengan negara-negara tetangga kita dalam sistem pertahanan.

Sumber : okezone.com

Comments (0)